RSS

HUBUNGAN ANTARA TINGKAT KECERDASAN, MOTIVASI BERPRESTASI, DAN KEBIASAAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

13 Jan

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Berdasarkan UU RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional,
pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar
dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi
dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual, keagamaan, pengendalian diri,
kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya,
masyarakat, bangsa dan negara (Anonim, 2003: 3).

Penyempurnaan kurikulum harus mengacu pada undang-undang tersebut.
Kurikulum 2004 bertujuan untuk mewujudkan peningkatan mutu dan relevansi
pendidikan yang dilakukan secara menyeluruh mencakup pengembangan dimensi
manusia Indonesia seutuhnya. Dalam kurikulum ini diberlakukan standar nasional
pendidikan yang berkenaan dengan standar isi, proses dan kompetensi lulusan
(Depdiknas, 2003: 3).
Matematika disebut sebagai ratunya ilmu. Jadi matematika merupakan kunci
utama dari pengetahuan-pengetahuan lain yang dipelajari di sekolah. Tujuan dari
pendidikan matematika pada jenjang pendidikan dasar dan menengah adalah
menekankan pada penataan nalar dan pembentukan kepribadian (sikap) siswa agar
dapat menerapkan atau menggunakan matematika dalam kehidupannya (Soedjadi,
2000: 42). Dengan demikian matematika menjadi mata pelajaran yang sangat
penting dalam pendidikan dan wajib dipelajari pada setiap jenjang pendidikan.
Setiap individu mempunyai pandangan yang berbeda tentang pelajaran
matematika. Ada yang memandang matematika sebagai mata pelajaran yang
menyenangkan dan ada juga yang memandang matematika sebagai pelajaran yang
sulit. Bagi yang menganggap matematika menyenangkan maka akan tumbuh
motivasi dalam diri individu tersebut untuk mempelajari matematika dan optimis
dalam menyelesaikan masalah-masalah yang bersifat menantang dalam pelajaran
matematika. Sebaliknya, bagi yang menganggap matematika sebagai pelajaran yang
sulit, maka individu tersebut akan bersikap pesimis dalam menyelesaikan masalah
matematika dan kurang termotivasi untuk mempelajarinya. Sikap-sikap tersebut
tentunya akan mempengaruhi hasil yang akan mereka capai dalam belajar.
Ada beberapa faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa yaitu faktor
internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi intelegensi, motivasi,
kebiasaan, kecemasan, minat, dan sebagainya. Sedangkan faktor eksternal meliputi
lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, lingkungan masyarakat, keadaan sosial
ekonomi, dan sebagainya (Ahmadi dan Supriyono, 2004: 138).
Dalam penelitian ini, peneliti memfokuskan tentang kaitan beberapa faktor
internal pada diri siswa dengan hasil yang dicapai oleh siswa. Faktor-faktor internal
tersebut diantaranya adalah faktor intelektif yaitu kecerdasan siswa dan faktor non
intelektif yaitu motivasi berprestasi dan kebiasaan belajar siswa.
Faktor intelektif (kecerdasan) mempunyai pengaruh yang cukup jelas dalam
hal pencapaian hasil belajar. Seseorang yang memiliki tingkat kecerdasan yang
relatif tinggi cenderung lebih baik prestasi belajarnya dibandingkan dengan
seseorang yang memiliki tingkat kecerdasan yang relatif rendah. Namun demikian,
faktor kecerdasan bukanlah satu-satunya faktor yang menentukan prestasi yang
akan dicapai siswa.
Faktor non intelektif diantaranya adalah motivasi dan kebiasaan. Motivasi
merupakan faktor yang sangat penting dalam proses belajar guna mencapai prestasi
yang diharapkan. Ini dikarenakan motivasi merupakan pendorong dan penggerak
individu yang dapat menimbulkan dan memberikan arah bagi individu untuk
melakukan aktivitas-aktivitas tertentu untuk mencapai tujuannya. Standar nilai baik
nilai ketuntasan belajar maupun kelulusan yang ditetapkan secara nasional yang
harus dicapai oleh siswa dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar dan
berprestasi. Serta membuat siswa tertuntut untuk mengubah kebiasaan belajarnya
ke arah yang lebih baik.

Kebiasaan belajar merupakan pola belajar yang ada pada diri siswa yang
bersifat teratur dan otomatis. Kebiasaan bukanlah bawaan sejak lahir, melainkan
kebiasaan itu dapat dibentuk oleh siswa sendiri serta lingkungan pendukungnya.
Suatu tuntutan atau tekad serta cita-cita yang ingin dicapai dapat mendorong
seseorang untuk membiasakan dirinya melakukan sesuatu agar apa yang
diinginkannya tercapai dengan baik. Kebiasaan belajar yang baik akan dapat
meningkatkan prestasi belajar siswa, sebaliknya kebiasaan belajar yang tidak baik
cenderung menyebabkan prestasi belajar siswa menjadi rendah.
Berdasarkan hasil wawancara dengan salah seorang guru bidang studi
matematika, motivasi siswa kelas X pada tahun ajaran 2005/2006 yang sekarang menjadi kelas XI pada tahun ajaran 2006/2007 dalam belajar matematika secara
umum relatif rendah. Hal ini terlihat dalam hal pengerjaan tugas, jika tidak ada
konsekuensi tugas harus dikumpul maka hanya sebagian kecil saja siswa yang
mengerjakan tugas tersebut. Keadaan tersebut menjadi kebiasaan yang kurang baik
pada diri siswa dalam belajar. Pada kegiatan proses belajar mengajar motivasi siswa
cenderung meningkat apabila mereka diminta mengerjakan tugas yang mereka bisa,
namun akan terjadi hal sebaliknya bila tugas yang diberikan terasa sulit. Adapun
respon siswa dalam kegiatan belajar mengajar tergantung dengan metode yang
digunakan oleh guru. Sementara itu, hasil ujian blok bersama yang diadakan pada
akhir tahun ajaran 2005/2006 menunjukkan tentang ketuntasan belajar matematika
siswa yaitu 70% dari siswa kelas X tahun ajaran 2005/2006 tuntas dan 30% belum
tuntas, sedangkan kriteria keberhasilan adalah 85 % siswa tuntas dalam belajar.
Dari uraian di atas, maka penulis tertarik mengadakan penelitian tentang
‘Hubungan Antara Tingkat Kecerdasan, Motivasi Berprestasi dan Kebiasaan
Belajar Matematika Siswa dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Semester
1 Kelas XI IPA A SMA Negeri 6 Kota Bengkulu’.

1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka permasalahan pokok dalam
penelitian ini adalah :
1. Apakah ada hubungan yang signifikan antara tingkat kecerdasan siswa dengan
prestasi belajar matematika siswa semester 1 kelas XI IPA A SMA Negeri 6
kota Bengkulu?
2. Apakah ada hubungan yang signifikan antara motivasi berprestasi siswa
dengan prestasi belajar matematika siswa semester 1 kelas XI IPA A SMA
Negeri 6 kota Bengkulu?
3. Apakah ada hubungan yang signifikan antara kebiasaan belajar matematika
siswa dengan prestasi belajar matematika siswa semester 1 kelas XI IPA A
SMA Negeri 6 kota Bengkulu?
4. Apakah ada hubungan yang signifikan antara tingkat kecerdasan, motivasi
berprestasi dan kebiasaan belajar matematika siswa dengan prestasi belajar
matematika siswa semester 1 kelas XI IPA A SMA Negeri 6 kota Bengkulu?

1.3 Tujuan Penelitian
Tujuan dari diadakannya penelitian ini adalah :
1. Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara tingkat
kecerdasan siswa dengan prestasi belajar matematika siswa semester 1 kelas XI
IPA A SMA Negeri 6 kota Bengkulu.
2. Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara motivasi
berprestasi siswa dengan prestasi belajar matematika siswa semester 1 kelas XI
IPA A SMA Negeri 6 kota Bengkulu.
3. Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara kebiasaan
belajar matematika siswa dengan prestasi belajar matematika siswa semester 1
kelas XI IPA A SMA Negeri 6 kota Bengkulu.
4. Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara tingkat
kecerdasan, motivasi berprestasi dan kebiasaan belajar matematika siswa dengan prestasi belajar matematika siswa semester 1 kelas XI IPA A SMA
Negeri 6 kota Bengkulu.
1.4 Manfaat Penelitian
Adapun manfaat dari penelitian ini adalah :
1. Sumbangan bagi guru matematika tentang hubungan tingkat kecerdasan,
motivasi berprestasi, kebiasaan belajar matematika dengan prestasi belajar
matematika siswa.
2. Memberikan masukan bagi siswa agar termotivasi untuk belajar matematika
dan meningkatkan prestasinya serta mendorong siswa untuk membentuk
kebiasaan belajar matematika yang lebih baik.
3. Dapat menambah pengetahuan peneliti tentang hubungan tingkat kecerdasan,
motivasi berprestasi dan kebiasaan belajar matematika dengan prestasi belajar
matematika.
1.5 Batasan Istilah
1. Kecerdasan (intelegensi) adalah kemampuan untuk bertindak secara terarah,
berpikir secara rasional, dan menghadapi lingkungannya secara efektif.
2. Motivasi berprestasi adalah rangkaian dorongan yang menggerakkan seseorang
untuk melakukan keinginan yang dilandasi adanya tujuan mencapai prestasi
yang baik.
3. Kebiasaan belajar matematika adalah cara belajar matematika yang telah
dilakukan secara rutin dan berulang-ulang yang bersifat teratur dan seragam
serta tetap dengan sendirinya.

4. Prestasi belajar matematika adalah hasil yang dicapai oleh siswa setelah
mengalami proses belajar mengajar matematika yang dinyatakan dalam hasil
tes.

 
Leave a comment

Posted by on January 13, 2012 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: